Cara Belanja Di Toko Online Secara Aman


Cara Belanja Di Toko Online Secara Aman - Saat ini toko online sudah menjamr dan menjadi gaya hidup bagi masyarakat indonesia. Toko online tersebut bisa berupa toko online besar, Toko online kecil.

Keuntungan belanja di Toko Online sendiri sangat menguntungkan karena kita tidak perlu repot - repot datang ke tempat penjualnya. Toko Online memudahkan kita mencari barang - barang yang kita butujkan tanpa harus ribet mencari dari toko satu ke toko lain. 

Tetapi saat ini tersebar berita kejahatan yan terjadi dengan memanfaatkan trend belanja di toko online. Kita harus lebih berhati - hati jika belanja di suatu toko online agar tidak tertipu.


Berikut Ini Tips Dan Cara Berbelanja Di Toko Online Secara Aman: 
  1. Pada perangkat komputer anda harus terinstal Anti Virus dan harus selalu diupdate. Kalau perlu pasang juga anti phising dan perhatikan alamat situs toko online tersebut.
  2. Pastikan bertransaksi di toko online yang bisa dipercaya, seperti: tokobagus , berniaga dll. Sebelum melakukan transaksi pastikan dulu reputasi toko online tersebut. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui Search Engine, forum / testimoni pembeli yang lain.
  3. Pastikan toko online tersebut tidak memanfaatkan data pribadi anda.
  4. Pastikan toko onlinememiliki kebijakan jika barang yang anda beli tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera di situsnya / produk yang bersangkutan habis stocknya akan ada jaminan uang kembali.
  5. Perhatikan kondisi barang yang dijual apakah baru / bekas dan apakah bergaransi resmi. Jika barangnya bekas tanyakan ke penjual menganai kondisi barang tersebut kalau perlu sedetil - detilnya dan jika tidak ada gambbar barang tsb mintalah gambarnya, dan anda pastikan tidak cacat. Perhatikan baik - baik deskripsi produknya.
  6. Jangan percaya iming- iming barang elektronik yang biasanya dari Jakarta tetap berharga murah jika keluar Jakarta. Karena itu ada kemungkinan penipuan.
  7. Sebelum membeli barang di salah satu toko online ada baiknya melakukan perbandingan harga yang ada di pasaran. Jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah dan beda jauh dengan harga di pasaran
  8. Biasanya toko online yang serius, mencantumkan nomor rekening dan nama pemilik rekening bank yang bisa di transfer di situsnya. Rekening tidak diberitahukan melalui sms saja.
  9. Pilih cara pembayaran yang aman, Jika masih satu kota dengan penjualnya tanyakan apakah bisa COD (Cash On Delivery), atau anda bisa menggunakan jasa rekber jika anda berbelanja melalui Kaskus. Jika mau transfer langsung ke rekening penjualnya, pastikan merka memiliki reputasi baik, lihat testimoninya
  10. Jika ingin menggunakan kartu kredit anda bisa menggunakan jasa iPay88 / paypal. Dan pastikan anda tidak diarahkan ke situs yang mencurigakan pada saat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.
  11. Jika membeli barang dan barangnya dikirim menggunakan jasa pengiriman. Maka mintalah ke toko online tsb / penjualnya no resi pengirimannya.
  12. Simpan bukti pembayaran yang anda lakukan.

Selamat Berbelanja Online Secara Aman



Semoga Artikelnya Dapat Bermanfaat^_^
Share on Google Plus

3 comments:

  1. iya gan, sebaiknya kita juga hati hati dan mengecek keamanann terutama transaksinya,
    salam kenal ya, saya juga mo buat toko online ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga gan, semoga sukses ya

      Delete
  2. wah ternyata kita bisa belanja online dan membeli apapun yg kita mau, makasih bnyk infonya :D

    ReplyDelete