Pengertian Dan Manfaat Robot.txt Untuk Blog


Pengertian Dan Manfaat Robot.txt Untuk Blog - Ok pada kali ini saya akan share Pengertian Dan Fungsi Dari Robot.txt Untuk Blog yang saya rasa bermanfaat untuk blog sobat sekalian lalu saya tulis ulang artikelnya di blog ini.Sobat blogger, sebelum kita memasanga robot.txt pada blog, kita perlu pegertian serta manfaat robot.txt terlebih dahulu, jangan semta - mata menemukan artikel tentang bagaimana cara pemasangan robot.txt yang baik di blog lain, kita langsung saja menerapkannya pada blog sendiri tanpa tahu dampak yang akan terjadi.

Maka hati - hatilah karena pemansangan robot.txt ini berhubungan dengan Google Webmaster Tool. Pengalaman pribadi selama menggaluti dunia blogger saya mendapatkan informasi dari para sahabat - sahabat blogger sebagian ada yang menyuruh untuk memasang robot.txt dan ada lagi yang menyuruh jangan memasang robot.txt. Nah oleh karena itu plajari dahulu  apa manfaat dan fungsi robot.txt


 "Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak tepat dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog Anda diabaikan oleh mesin telusur".


Jadi google sendiri menjelaskan bahwa ada pengaruh terhadap mesin telusur, search engine google.



Nah, untuk dalam postingan ini bang dadan akan coba menjelaskan terlebih dahulu Pengertian Dan Manfaat Robot.txt Untuk Blog, sebelum nanti kita menggunakan robot.txt yang benar. Berikut penjelasan tentang :




Definisi dan Manfaat Robot Txt untuk Blog


Pengertian Robot.txt




Robots.txt adalah Sebuah file dengan sebuah fungsi yang di gunakan untuk membatasi akses robot mesin pencari (Search engine misal : Google,Bing,Yahoo) yang sedang menjelajahi atau membuka situs web yang anda miliki . Sebelum mereka mejelajahi halaman web, mereka memeriksa terlebih dahulu untuk melihat apakah sebuah file robots.txt ada ataukah tidak , dan di dalam robots.txt ada perintah (command) yang mencegah mereka mengakses untuk halaman tertentu.



Kita memerlukan robots.txt agar robot-robot itu tidak mengindex halaman di search engine (Google,yahoo,Bing) yang tidak kita inginkan , karena mungkin ada beberapa halaman web yang tidak ingin di index oleh search engine. Dan jika kita ingin semua content di web kita di index oleh mesin pencari kita tidak membutuhkan robots.txt .


Manfaat Robot.TXT untuk Blog


Dalam hal optimasi SEO, kemampuan Robots.txt yang dapat mengarahkan spider bot mengcrawling halaman yang ditargetkan bisa kita manfaatkan untuk mengarahkan spider bot pada halaman penting seperti halaman konten agar konten tersebut cepat terindex oleh search engine.



Saat spider bot memutuskan untuk mengcrawl situs, situs akan kehilangan bandwidth dalam jumlah yang tidak sedikit. Bila beberapa directory tertentu misal pada directory search kita batasi aksesnya maka ini akan menghemat bandwidth dan kegagalan spider bot dalam mengcrawl blog kita karena akses situs yang kurang baik akan teratasi sehingga spider bot bisa dengan leluasa merayapi seluruh isi konten sampai tuntas.



Di lain sisi bila halaman index yang di dapat search engine pada sebuah situs dinilai sangat berkualitas maka situs tersebut akan memiliki peluang besar untuk masuk halaman pertama. Hal ini akan berbeda jauh hasilnya dibandingkan dengan situs yang memiliki banyak halaman index namun dengan konten yang kurang berkualitas dan cenderung hanya menampilkan banyak link didalamnya contonya situs AGC. 




Demikanlah tentang artikel Pengertian Dan Manfaat Robot.txt Untuk Blog saya ucapkan terima kasih dan kunjungi artikel saya yang lainnya tentang Cara Memasang Kode Robot.txt Yang Baik Dan Benar.


Semoga Artikelnya Dapat Bermanfaat^_^
Share on Google Plus

1 comment:

  1. Info lengkap mengenai Robobuilder >> http://goo.gl/8NepsJ

    ReplyDelete